المعهد الإسلاميّ المعوّنة السلافية
Assalamualaikum Wr. Wb. Selamat datang di SAUM Blog. Semoga kenan dan ada manfaat serta hikmahnya!.

Modernisasi Pembatal Saum

بسم الله الرحمن الرحيم

تمهيدي

الحمد لله. ونأمل صلواة  تحيات تظل مكرسة للنبي أنه لا نبي بعده... مرة أخرى

أما بعد :

بعد الشيخ خالد بن علي مشائخ الانتهاء من الكتاب يشرح صيام من مشتقنى جدول "، بدأ في شرح بعض الاشياء (التي ورد ذكرها) يبطل الصيام كما أنه موجود في هذا العصر والجديدة الناشئة في هذا الوقت الحاضر. وأوضح أنه ، وشرح واحد الذي هو أقوى من كلام أهل العلم.

وقد أجاب الله له وجعله مفيدا للإسلام والمسلمين ، وكذلك يغفر هو .و كما أسأل الله أن يجعل هذه الممارسة باعتبارها أفعال نقية ببساطة لأن تتوقع جهه المجيدة... بالتأكيد هو الرحمن وسامية و.

الحذر : واجه هذا مذاكرة للشيخ وكان قد صحح والموافقة عليها.

كتبه : عبد الرحمن بن عيسى آلعتيبى.

متفكرة معاشرة

(يبطل الصوم العصر الحديث)

آلمفطرات (يبطل الصيام) هو الجمع من المسائل مفطر أي التي يمكن أن تفسد بسرعة. ولقد اتفق العلماء على أربعة يبطل.

وجبة
شرب
جيما '
الحيض والولادة
الأكل والشرب الله تعالى قد وصف في قوله ،

فالآن باشروهن وابتغوا ما كتب الله لكم وكلوا واشربوا حتى يتبين لكم الخيط الأبيض من الخيط الأسود من الفجر

"عقد هكذا الجماع معها ومتابعة ما قد فرض الله لكم وكلوا واشربوا حتى الخيط الأبيض من الضوء لك من الخيط الأسود من الفجر..." (البقرة : 187)

وفي قول النبي -- صلى الله عليه وسلم -- في تاريخ البخاري عن عائشة -- رضيى الله عنها -- ،

واضاف "بعد كل شيء ، إذا الحيض المرأة ، فإنها لا تصلي ولا الصيام..." وفي هذا الحديث هناك تفسيرا يبطل الرابع.

بينما مؤاشرة الكلمة مأخوذة من كلمة آل 'العصر، بمعنى أن يتم استخدام اللغة لعدة معان ؛ الوقت والعمر ، فضلا عن مكان بليون أكل "، إذا كان اللجوء إليه. بشكل ملحوظ أيضا ، للضغط على شيء حتى .

والمقصود به الشيخ آل مؤثرة مفطرة (يبطل الصوم اليوم) تبرز بسرعة يبطل مؤخرا. وهذا هو الكثير جدا.

يبطل أولا :

فينتولين المستنشق (بخاخ الربو الذين يعانون مخدرات)

ويتكون الدواء من ثلاثة عناصر : الماء ، والأكسجين ، وبعض الأدوية من الصيدليات.

هل يفسد الصيام الاستنشاق؟

العلماء في هذا العصر يجب أن نختلف على هذا الموضوع :

الرأي الأول :

لا يفسد أو يؤثر على الصيام. هذا هو رأي الشيخ بن باز عبدالعزيز -- رحمه الله -- ، الشيخ محمد بن صالح العثيمين -- رحمه الله -- الشيخ عبدالله بن جبرين -- رحمه الله -- و آل - أنظر إجابة الناعمة الإعلانية دا `` ليل الإفتاء.

هذه الحجج :

ألف صائم سمح لشطف فمه وانتشاق (المياه يستنشق عن طريق الأنف ، وعندما الوضوء). وهذا هو الإجماع "(إجماع العلماء). إذا كان الشخص غرغرة ، فإن القليل يمكن ترك علامات المياه ، وجنبا إلى جنب مع لعاب ابتلع ستدخل أيضا في المعدة. في حين أن دخول هذه المقننة إلى المريء ثم إلى المعدة ، والقليل جدا. ثم قد يكون هذا مماثلة مع الماء المتبقي من انتشاق.بيانه الشطف ، أن هذه التعبئة المخدرات صغيرة تحتوي على 10 مل من الدواء السائل. ويتم وضع هذا التدبير إلى 200 مرات الرش. ثم أصدر 0.05 مل من الرذاذ. هذا هو حجم صغير جدا.
بالإضافة إلى ذلك ، يمكن إدراج شيء في بطن الاستنشاق لا يمكن التأكد منه ، لكنه لا يزال مشكوكا فيه. ثم أصل القانون لا يزال ساري المفعول ، أي الصوم وصحة دائمة من الصيام. لأن من المؤكد أن شيئا لا تضيع مع الشكوك.
ان هذا ليس مثل الأكل والشرب ، ولكن تشبه لاختبار عينات الدم والحقن ليست بديلا عن الغذاء (في الوريد).
وقد قال الأطباء أن السواك يحتوي على عناصر كيميائية ثمانية. بينما يجوز على الاطلاق السواك للصائم ، وهو رأي قوي. ولا شك أن هذا من السواك بالتأكيد سوف يكون هناك شيء نازلة نحو المعدة. ثم رش السائل على القوائم المنسدلة تماما مثل السابق من السواك.
الرأي الثاني :

وينبغي أن يكون الصائم لا يمكن استخدامه. إذا كان بحاجة اليه ، ثم انه يمكن استخدامه والصوم وقضى بها.

أنها تفترض أن مضمون هذا الاستنشاق سوف يصل إلى المعدة عن طريق الفم. ولذلك ، فإن هذا يفسد الصيام.

الجواب على هذا القول ، انه اذا كان حقا انها لن تذهب الى المعدة ، فمن المؤكد أنه بانخفاض طفيف للغاية ، بحيث يمكن مساواته مع غسول الفم والغرغرة ، الحاكم السابق الذي ذكرناه. آراء قوية جدا هي تلك الأولى.

يبطل الثانية

توضع أقراص (تحلل) تحت اللسان (تحت اللسان)

وهذا هو ، يتم وضع قرص تحت اللسان لعلاج بعض أمراض القلب. يتم امتصاصه مباشرة في المخدرات والتي يحملها مجرى الدم الى القلب بحيث النوبات القلبية المفاجئة والتي يتوقف.

النظام الأساسي جائز ، لأن ليس هناك من له ان يذهب الى تجويف البطن ، ولكن فقط استيعابها في الفم. على هذا النحو ، فإنه لا يتضمن يفطر.

يبطل الثالثة

التنظير

هذا هو جهاز طبي يدخل عن طريق الفم ، ثم إلى المريء والبلعوم والمعدة.

وظيفة هذه المعدات ، وتصوير حالة من المعدة ، إذا كان هناك إصابات أو اتخاذ جزء من بدن السفينة التي يتعين بحثها ، أو لاستعمالات طبية أخرى.

وقد ناقش العلماء السابقة مع هذه القضايا المماثلة. هذه هي المشكلة : إذا كان الدخول في أحشاء شيء غير الغذاء ، مثل الحصى ، وقطع من الحديد أو شيء من هذا. في حين أن التنظير وتشمل هذا النوع من الشيء. ويبطل الصيام؟

الأغلبية (الجمهور) العلماء يقولون أنه أفطر. كل شيء يذهب إلى المعدة يفطر. ما لم حنفية المدارس ، فإنها تتطلب وأدين ذلك استمرار وجود البضاعة التي تدخل المعدة ، وأفطر. لكن علماء آخرين لا يتطلب ذلك.

أنها تفترض أن النبي -- صلى الله عليه وسلم -- أمرت لتجنب الكحل (بالنسبة لأولئك الذين السريع المكبوتة).

وبالتالي ، فقد جادل بأن علماء الجمهور التنظير يفطر الصائم ، في حين أنه في رأي حنفية المدارس ، لا يفطر الصائم ، لأنه لم يتم تسويتها الأداة (في المحتجز في المعدة).

الرأي الثاني ، أن لا يتم إلغاء الصيام قبل دخول للكائنات التي لا تعطي تناول الطعام ، وكأن دخول الحديد أو الحصى. هذا هو رأي شيخ الإسلام ابن تيمية الاختيار -- رحمه الله -- وكذلك يرى بعض المالكية المدارس و آل الحسن بن صالح.

لأنه قد ثبت من الكتاب والسنة كما أن يفطر هو شكل من أشكال الاستهلاك الغذائي. أما بالنسبة للحديث فيها الكحل النبي -- صلى الله عليه وسلم -- أمرت أن يهجر ، هو حديث ضعيف.

لذلك ، فإنه ظهر التنظير لا يفسد الصيام. ومع ذلك ، استبعدت منه ، إذا كان الطبيب هو وضع على معدات التنظير لتسهيل دخول المواد الدهنية من هذه الأداة في المعدة ، ثم وهذا يفسد الصيام.

يبطل الرابعة

قطرات (أنف)

يستخدم عن طريق الأنف الطريق ، لا يفسد الصيام؟

العلماء المعاصرين رأيين.

الرأي الأول : إلغاء الصيام ، هو رأي الشيخ ابن باز وابن عثيمين -- رحمه الله -.

أنها تفترض أن الحديث لقية بن صبرة ، الذي أخرجه مرفوع '(يميل إلى النبي -- صلى الله عليه وسلم --) ،

وبالغ في الاستنشاق إلا أن تكون صائما

"المفرطة في زاده انتشاق (استنشاق عن طريق الأنف عند مياه الوضوء) إلا إذا كنت سريع".

ثم وهذا هو الافتراض القائل بأن الأنف هو القناة التي تربط إلى المعدة. إذا كان الأمر كذلك ، ثم استخدم يحظر قطرات (الأنف) من قبل النبي -- صلى الله عليه وسلم -.

إضافة إلى ذلك ، لا سمح النبي -- وضع من القيود المفرطة الواردة في استنشاق كل شيء عن طريق الأنف ، وإن قليلا --  صلى الله عليه وسلم. لان اي شيء عندما يذهب المفرط (في استنشاق) هو شيء يذكر.

الرأي الثاني : لا إلغاء. افترض انهم قياسا الى ما هو خلفها الشطف من فمه ، كما تم شرحه في الماضي. وأنه حتى في بطن هذه القطرات فقط 0.06 cm3.وبعد قليل.مرة قطرات قطرة واحدة من هذه سوف تذهب إلى الأنف ، وسوف لا تحصل على المعدة باستثناء كميات صغيرة جدا ، بحيث لا تغتفر.

بالإضافة إلى ذلك ، والقانون هو الأصل الشرعي للصوم ، في حين أن وجود هذه الاشياء بأسرع يبطل تزال في شك. هكذا في الأصل ، فصومه صحيح. لأنه لا يمكن أن يتم القضاء على يقين مع الشك.

وهذه الآراء اثنين ، كل منها له فريق قوي.

يبطل الخامسة

بخاخ الأنف (بخاخ الأنف)

النقاش حول هذا النقاش نفسه حول الاستنشاق فينتولين المخدرات ، فإن هذا لا يفسد الصيام.

يبطل السادسة

التخدير (تخدير)

وهناك عدة أنواع من التخدير :

الأولى : مخدر موضعي عن طريق الأنف.

وهذا هو ، مريض رائحة مادة غازية ، والتي يمكن أن تؤثر على الأعصاب ، ولذا كان هناك تخدير. ولذلك فإن هذا لا يفسد الصيام ، منذ دخول الغاز عن طريق الأنف الشيء لا يشكل انتهاكا ، ولا تجلب تناول الطعام.

الثاني : التخدير الوخز بالإبر

ويعزى التخدير الى البلاد من الصين.

وهي عن طريق إدخال إبرة في عصب من النكهات الجافة تحت الجلد بحيث أنها لن تنتج نوعا من إفراز الغدد لإجراء المورفين الطبيعي في الجسم. مع ذلك ، فإن المريض يفقد القدرة على الشعور.

هذا لا يؤثر على الصيام أثناء التخدير وقعت في مكان معين (تخدير موضعي) ليست كلها (المجموع). أيضا لأنه لا يذهب إلى المعدة.

الثالث : التخدير الموضعي عن طريق الحقن.

أي عن طريق إعطاء حقنة في الأوعية الدموية مع الأدوية التي تتفاعل بسرعة. ويمكن أن تغطي العقل المريض في غضون ثوان.

ما دام هذا هو مخدر موضعي ، وليس الكل ، فإنه لا يفطر. وعلاوة على ذلك ، وأيضا لأنه لم ندخل في المعدة.

الرابع : التخدير المجموع

لقد كان العلماء على خلاف حول هذا الموضوع. ولقد ناقش العلماء السابقة لمشاكل الناس الذين مرت بها (اللاوعي) ، إذا كان للصيام هو صحيح؟

وهذا ليس بعيدا من الدولتين.

الأولى :

والشخص الذي مرت بها خلال فترة الغداء ، وقال انه ليس على علم في كل وقت من النهار. هكذا يجادل علماء الجمهور بطلان الصائم.

الأدلة ، وبيان النبي --  صلى الله عليه وسلم -- في الحديث القدسي ،

"وغادر لأنني تناول الطعام والشراب".

انحنى انه ضبط النفس الفعل (من الأكل والشرب منه) لشخص صائم. وفي الوقت نفسه ، والناس الذين خافت لا يصح أن نقول ذلك.

الثاني :

والشخص الذي مرت بها ليس كل الوقت في فترة بعد الظهر. هذا هو المتنازع عليها.

وهذا صحيح ، لو كان على علم في بعض الوقت أثناء الصيام صحيح. هذا هو رأي أحمد والرماد الشافعي. ووفقا لمالك ، مطلق .وانه  سريع غير صالحة وفقا لأبي حنيفة ، إذا استيقظ قبل الانزلاق الشمس (قبل المحتجز ظهور) انه يجب ان يجدد نيته وصالحة في هذه الحالة.

والحقيقة هو رأي أحمد والشافعي الرماد. لأن النية على الامتناع (الصيام) تتحقق حتى مع جزء من بعد الظهر. وقيل عن التخدير ليكون كذلك.

يبطل السابعة

قطرات أذن

وهذه النقطة هي التي أسقطت العقاقير الدوائية في الأذن. لا يلغي صيامي؟

سابقا ، كان العلماء يناقشون قضية "اذا كان شخص ما هو علاج له مع الماء الذي سكب في أذنيه".

علماء الجمهور الصدد أنه يفطر.

ورأى Hanabilah (أتباع المذهب الحنبلي) فإنه يفطر إذا كان يحصل في الدماغ.

ابن حزم في الرأي الثاني ، أنه لا يفسد الصيام. والسبب هو ، لأن ما لن يكون مقطر على الأذن إلى الدماغ ، لكنه لن يأتي إلا إلى المسام.

وجعلت الطب الحديث واضحا أنه لا يوجد خط فاصل بين الأذن والدماغ التي يمكن ان تنقل سوائل إلا بشرط واحد ، وهذا هو ما إذا كان هناك أضرار (الشقوق) في طبلة الأذن. على هذا الأساس ، فإن الحقيقة هي أن القطرة في الأذن لا تفطر.

المشكلة : إذا كان هناك فجوة في طبلة الأذن (؟)

لذلك عندما الدواء من خلال المعاملة القانونية ذاتها من الأذن عن طريق الأنف. ولقد مرت على التفسير.

يبطل الثامنة

غسل الأذن

نفس هذه القوانين مع قوانين قطرات الأذن. إلا العلماء ، إذا كان هناك تلف في طبلة الأذن ، ثم المبلغ المراد إدخالها في آذان ستكون كثيرة. فليكن يفطر.

إذا كان الأمر كذلك ، ثم يغسل الأذنين مقسمة الى قسمين الظروف :

إذا كانت طبلة الأذن لا يزال هناك ، فإنه لا يفطر.
إذا كان هناك شق في طبلة الأذن ، ثم كسر الصيام ، لأن السوائل المتدفقة في الكثير.
يبطل التاسعة

قطرات عين

هذا هو المتنازع عليها من قبل العلماء. وبنيت النزاع حول نزاع طويل ، وهي عبارة عن الكحل ، لا تبطل الصيام؟

الرأي الأول :

لا يفسد الصيام. هذا الرأي بين المدارس وحنفية شفيعية. أنها تفترض عدم وجود الطريق بين العينين مع المعدة. إذا كان الأمر كذلك ، فإنه لا يفطر.

الرأي الثاني :

الآراء بين المدارس والمالكية حنبلة. أن الكحل يفطر. تأسس هذا الرأي على الرأي تفيد أن هناك طريقا بين العينين مع المعدة.

ولذلك ، والعلماء يختلفون حول هذه الأخيرة قطرات العين.

الرأي الأول :

أن قطرة العين لا تفطر. هذا هو رأي ابن باز وابن عثيمين -- رحمه الله -- وغيره من العلماء.

افترض أن أحد هذه قطرات العين المخدرات = 0.06 سنتيمتر مكعب. وسيكون هذا الاجراء لا ندخل في المعدة. وسوف يكون لاستيعاب هذه القطرات في رحلته من خلال القنوات الدمعية تماما ، ولن تصل إلى الحلق. اذا قلنا انه سيكون هناك مدخل إلى المعدة ، فإنه طفيف جدا. والشيء الذي يمكن أن يغفر قليلة جدا. كما تفى المتبقية من الماء غرغرة الفم. وبالمثل ، هذه القطرات ليست القضية أن هناك نصه ، ولا هو خالق مع نصه الحالة القائمة.

الرأي الثاني :

قطرات العين تفطر ، لأنها مشابهة لالكحل.

وهذا صحيح ، أن قطرة العين لا تفطر. على الرغم من أن أنشأت العلوم الطبية أن هناك علاقة بين العين والمعدة ، لكننا نقول أنه سيتم استيعاب هذه القطرات عندما يمر من خلال القنوات الدمعية ، لذلك سوف لا حتى قليلا منه إلى الحلق. وبالتأكيد لن يكون حتى في المعدة. إذا كان أي شيء الوصول إلى البطن ، ثم هو كمية صغيرة جدا من الذي يمكن أن يغفر ما تبقى عفوه غرغرة الماء من الفم.

قياسا على الكحل ، فإنه لا يمكن أن يكون له ما يبرره :

منذ الماسكارا ليس من الواضح بعد ما إذا كان يفطر ، في حين أن الحديث أن هناك حديث عن ظائف (الضعيف).
لأنها تمثل شيئا قياسا على الحالات التي لا تزال المتنازع عليها.
ولأن الحجج التي تم ذكرها في الرأي الأول.
يبطل العاشرة

حقن العلاج

وهي مقسمة الى عدة أنواع :

حقن الجلد.
الحقن في العضلات.
الحقن في الأوعية الدموية.
الحقن (حقن) في الجلد أو العضلات ، والتي ليس لتوفير التغذية ، فإنه لا يفطر من العلماء المعاصرين. وقد قيل من قبل ابن باز وابن عثيمين -- رحمه الله. الحجج ، أن القانون هو الأصل الشرعي للصوم حتى يكون هناك دليل على أن يظهر الإلغاء. بالإضافة إلى ذلك ، لم يتم ضخ المواد الغذائية والمشروبات ، أو التي تنقل المواد الغذائية والمشروبات نفسه.

حقن الأوعية الدموية وتوفير التغذية ، ثم ينفون ذلك.

الرأي الأول :

يفطر. هذا هو رأي الشيخ السعدي وابن باز وابن عثيمين -- رحمه الله -- وكذلك الرأي الفقهي من آل الإسلامي مجمع الزوائد ". الحجج ، لأن الحقن هو أن أنقل نفس النوع من المواد الغذائية والمشروبات. لأن أولئك الذين يجدون أنه لم يعد بحاجة لتناول الطعام والشراب.

الرأي الثاني :

لا يفسد الصيام. لأن ليس هناك من له حتى المعدة من درب العادي. وإذا كان يعتبر أن هناك ما يصل إليه ، ثم جاء للخروج من الطريق المسام ، في حين أن هذه ليست لديه المعدة ولا القانون مثل المعدة.

الآراء التي هي أقرب (للحقيقة) ، وأنه أفطر. ينبغي لأن الآلهة (لأن) لا صولها إلى المعدة ، ولكن هذا أصبح الآلهة تعطي المواد الغذائية للجسم وصولك. وهذا يحدث مع هذه الحقن.

أشياء هي : تستخدم إبرة الحقن بواسطة أشخاص الذين يعانون من السكر لا يفطر.

يبطل الحادي عشر

الزيوت والمراهم واللصقات (العلاجية مع ما هو الملصقة)

الجلد على أسفل هناك السفن التي سوف تمتص كل ما هو وضع له ، من خلال الشعيرات الدموية. واستيعاب بطيء للغاية.

على هذا الأساس ، يمكن إذا وضعت شيئا على الجلد يفطر الصائم؟

شيخ الإسلام ابن تيمية -- رحمه الله -- لم تم الحديث عن هذا الامر وقال انه ، وليس إلغائه. هذا هو أيضا رأي الفقهي آل الإسلامي مجمع الزوائد ".

حتى بعض منهم حكى على الإجماع (الإجماع) من العلماء المعاصرين في هذا الشأن.

يبطل الثانية اثنا عشر

قسطرة الشريان

وهو أنبوب (قسطرة) الذي يذهب من خلال الشريان سلس لغرض العلاج أو التقاط الصور.

مجمع الزوائد "آل الفقهي الإسلامي القول بأن هذا لا يبطل الصوم ، لأنه ليس من طعام أو شراب ، ولا أن ينقل الشيء نفسه أنها ، أيضا ، لأنه لم يحصل في المعدة.

اثنا عشر يبطل الثالثة

الغسيل الكلوي (الدم يغسل)

هناك طريقتان :

الأولى :

مع جهاز الوساطة دعا  الجهاز (الذي هو بمثابة المحتجز الكلى الاصطناعية) ، حيث يتم ضخ الدم إلى هذه الأداة ثم أداة لغسل الدم من مجموعة متنوعة من المواد الخطرة ، ومن ثم العودة الى الجسم عن طريق الأوردة.

وفي سياق هذه العملية ، قد تحتاج إلى أن تعطى حمية السوائل عن طريق الوريد.

الثاني :

عبر الغشاء البريتوني (الغشاء المبطن للتجويف البطني) في المعدة.

وهي عن طريق إدخال أنبوب صغير في جدار البطن فوق السرة ، ثم يوضع عادة لترين من السوائل التي تحتوي على مستويات عالية من سكر الجلوكوز في المعدة ، وغادرت في المعدة لبعض الوقت ، ثم سحبت الى الوراء وتتكرر هذه العملية عدة مرات في يوم واحد .

العلماء المعاصرين يختلفون عن ذلك ، لا يفسد الصوم ؟

الرأي الأول :

يفطر. هذا هو رأي ابن باز -- رحمه الله -- و آل - AD - الدائمة اللجنة الدائمة.

أنها تفترض أن غسيل الكلى سيتم استبدال الدم مع دم جديد ، وسوف تقدم أيضا مواد غذائية أخرى. حتى تجمع  ثان يبطل الصيام.

الرأي الثاني :

لا يفسد الصيام.

أنها تفترض أن هذا ليس هو الحال الذي تم في النصوص ولا الخالق مع نصه الحالة القائمة.

الآراء التي هي أقرب (إلى الحقيقة) هو تفيد أنه أفطر.

المشاكل : إذا كان هناك أي تسرب الدم ، فإنه لا يفطر. ولكن ما يحدث لغسيل الكلى هو إضافة بعض المواد المغذية والأملاح ، وغيرها.

يبطل الرابع عشر

التحاميل (المخدرات من نصف المواد الصلبة) المستخدمة من قبل العانة المرأة

على سبيل المثال : غسول المهبل.

لا يلغي صيامي؟

لقد كان العلماء في الماضي والحاضر الحديث عن :

وفقا للمدارس والمالكية حنابلة ، أن المرأة إذا قطرات السائل على صاحب الديك ، ثم انه لا صومه باطل.

فتآمروا ، لأنه لا توجد علاقة بين الأعضاء التناسلية الأنثوية مع المعدة.

والرأي الثاني هو رأيه والمدارس شافعية حانفية ، انها لأنه يسبب كسر.

أسبابها ، وذلك لأن هناك علاقة بين الأعضاء التناسلية للإناث والبطن.

الطب الحديث يفسر ، أنه لا يوجد مسار (قناة) بين الأجهزة التناسلية أنثوية بطن المرأة. على هذا الأساس ، ثم انه لا قطيعة مع هذه القضية.

يبطل الخامسة الثاني عشر

استخدام التحاميل (المخدرات من نصف المواد الصلبة) مستقيمي

تستخدم لأغراض طبية مختلفة ، (مثل) لتخفيف الحرارة وتخفيف آلام البواسير.

مثال على ذلك هو حقنة (إجراءات تناول السوائل في القولون عن طريق فتحة الشرج)

أولا : الحقنة الشرجية (ملين)

وقد تحدث العلماء عن ذلك في وقت سابق :

الكهنة الاربعة الذين زعم ​​أن هذا أفطر ، وذلك بسبب العلاقة مع قناة المعدة.

والرأي الثاني هو الرأي ظاهرية وشيخ الإسلام ابن تيمية الاختيار. أن هذا لا يبطل الصوم ، لأنه لم يقدم الغذاء والتغذية ، ولكن ما هو واضح حتى في الجسم ، وملين شخص رائحة شيء ما.

أيضا لأن هذا السائل لا يصل إلى البطن.

أما بالنسبة للعلماء المعاصرين ، قاموا ببناء هذا الخلاف على الخلافات الماضية.

ثم ، إذا كان هناك أي علاقة بين فتحة الشرج والمعدة؟

العلماء الذين يقولون يفسد الصيام ، كما يقول العلاقة. فتحة الشرج لديه علاقة مع المستقيم. متصلا القولون والمستقيم (الأمعاء الغليظة). بينما يحدث امتصاص الطعام في الأمعاء الدقيقة. وامتصاص بعض العناصر الممكنة من الملح والسكر في الأمعاء الغليظة.

كما لو أنه لم تمتصه المواد الغذائية ، مثل المخدرات ، فإنه لا يفطر. هذا لأنه يحتوي على أي طعام أو ماء التغذية.

هذه التفاصيل أقرب إلى الحقيقة.

الثانية : عن طريق المستقيم تحميلة في الشوارع ، وهناك رأيين.

لا يفسد الصيام. هذا هو رأي ابن عثيمين -- رحمه الله -- لأنه يحتوي فقط على عناصر من المخدرات ، و لا يحتوي على تغذية السائل. وهذا ليس الطعام أو الشراب ، ولا هو خالق كليهما.

هذا هو الرأي الصحيح.

يبطل السادس الثاني عشر

(أداة لعرض داخل المستقيم)

طبيب أحيانا anascope إدراج في فتحة الشرج لمعرفة حالة الأمعاء. هذا هو التفسير نفسه من تفسير التنظير.

يبطل  السابع عشر

ما هو عبارة عن طريق المسالك التناسلية للذكور في شكل أدوات لعرض ، وغسول أو دواء

هل يفسد الصيام؟

في الماضي مرات رجال الدين كان يتحدث عن :

الرأي الأول ، ويرى المالكية المذهب ، وحانفية حانبلة :

المصافي في الإحليل لا يفطر ، وإن حتى المثانة.

انها مسلمة ، أنه ليس هناك طريق يربط بين داخل الأعضاء التناسلية الذكرية مع المعدة.

الرأي الثاني ، وهو الرأي الذي يعتبر صحيحا من قبل شافعية :

التي كسرت فيه بسرعة ، وبسبب الطريق الذي يربط بين المثانة والمعدة.

وفي عالم الطب الحديث : لا توجد علاقة على الاطلاق بين البولية والجهاز الهضمي. على هذا الأساس ، ثم لا يفطر.

يبطل الثامن الثاني عشر

متبرع بالدم

هذه المشكلة يعتمد على حجمة المسألة (كدمة).

وفقا لرأي من المدارس الشهيرة في الفكر (الحنبلي) ، أن  يفطر. هذا هو رأي ابن تيمية مختارة -- رحمه الله.

في حين يرى علماء الجمهور لا يفسد الصيام.

وأقوى الرأي ، أن  يفطر.

على هذا الأساس ، فإنه لا ينبغي شخص (الذي السريع المكبوتة) أن يتم إلا عن المتبرعين بالدم في حالات الطوارئ.

يبطل التاسعة الثاني عشر

أخذ قليلا من الدم لتحليل المختبر

هذا لا يبطل الصوم ، لأنه لا ينقل كدمة نفسه. وذلك لأن كدمة يضعف الجسم.

الثانية والثلاثين يبطل

معجون (معجون الأسنان)

لا يفسد الصيام. لأن الفم في أطرافه ظهر القانون. ومع ذلك ، قام أكثر انتشارا بالنسبة للأشخاص الذين صاموا عدم استخدامها إلا بعد الإفطار. معجون الأسنان لأن لديه قدرة قوية للدخول. يكفي شخص باستخدام السواك أو فرشاة الأسنان بدون معجون الأسنان.



Bismillahirrahmanirrahim

Pendahuluan

Segala puji hanya milik Allah. Semoga sholawat dan salam tetap tercurah kepada Nabi yang tidak ada Nabi lagi setelahnya…

Amma ba’du:

Setelah Syaikh Kholid bin Ali al-Musyaiqih selesai menjelaskan kitab Shiyam dari Zadul Mustaqni’, beliau mulai menjelaskan sebagian hal (yang disebut-sebut) sebagai pembatal-pembatal puasa yang ada pada zaman ini dan yang muncul baru pada waktu sekarang ini. Beliau menjelaskannya, dan menjelaskan mana yang kuat dari perkataan para ulama.

Semoga Allah membalas beliau dan menjadikannya bermanfaat untuk Islam dan kaum muslimin, serta mengampuni beliau.Dan aku memohon kepada Allah agar menjadikan amalan ini sebagai amalan yang murni hanya karena mengharapkan wajah-Nya yang mulia… sesungguhnya Dia adalah Mahapemurah dan Mahamulia.

Perhatian: Mudzakkiroh ini telah dihadapkan kepada Syaikh dan beliau telah mengoreksi dan menyetujuinya.

Ditulis oleh: Isa bin Abdirrohman al-Utaibi.

Mufatthirot Mu’ashiroh

(Pembatal Puasa Era Modern)

Al-Mufatthirot (pembatal puasa) adalah bentuk jamak dari Mufatthir, yaitu perkara-perkara yang bisa merusak puasa. Dan para ulama telah sepakat atas empat pembatal.

Makan
Minum
Jima’
Haidh dan nifas
Makan dan minum telah Allah ta’ala jelaskan dalam fiman-Nya,

فَالآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ

“Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar…” (al-Baqarah: 187)

Dan dalam sabda Nabi – shollallohu ‘alaihi wa sallam – pada riwayat al-Bukhari dari Aisyah – rodhiyallohu ‘anha -,

“Bukankah jika seorang wanita haidh, maka dia tidak sholat dan juga tidak puasa…”Dalam hadits ini ada penjelasan pembatal keempat.

Sedangkan kata Mu’ashiroh diambil dari kata al-‘Ashr, yang dalam arti bahasa digunakan untuk beberapa makna; waktu dan zaman, juga kepada tempat berlindung.Dikatakan “i‘tashortu bil makan”, jika berlindung kepadanya. Juga bermakna, memeras sesuatu sampai terperah.

Dan yang dimaksud dengan al-Mufatthirot al-Mu’ashiroh (pembatal puasa masa kini) adalah pembatal puasa yang muncul baru-baru ini. Dan ini cukup banyak.

PEMBATAL PERTAMA:

Ventolin Inhaler (Obat Semprot Penderita Asma)

Obat ini terdiri dari tiga unsur; air, oksigen dan sebagian bahan obat-obatan farmasi.

Apakah obat semprot ini membatalkan puasa?

Para ulama di zaman ini telah berselisih pendapat tentang hal ini:

Pendapat pertama:

Tidak membatalkan ataupun merusak puasa. Ini adalah pendapat Syaikh Abdulaziz bin Baz – rohimahulloh –, Syaikh Muhammad al-Utsaimin – rohimahulloh -, Syaikh Abdullah bin Jibrin – rohimahulloh – dan al-Lajnah ad-Da`imah lil Ifta`.

Dalil mereka:

Seorang yang sedang berpuasa dibolehkan untuk berkumur-kumur dan istinsyaq (menghirup air lewat hidung, ketika wudhu). Dan ini adalah ijma’ (kesepakatan para ulama). Jika seseorang berkumur, pasti akan tersisa sedikit bekas air , dan bersamaan dengan ludah yang tertelan akan masuk juga ke dalam perut. Sedangkan yang masuk dari Inhaler ini menuju kerongkongan kemudian menuju perut, sangat sedikit sekali. Maka ini bisa dianalogikan dengan air yang tersisa dari berkumur-kumur.Penjelasannya, bahwa kemasan obat yang kecil ini mengandung 10 ml obat cair. Dan ukuran ini diletakkan untuk 200 kali semprotan. Maka satu semprotan mengeluarkan 0,05 ml. Ini adalah ukuran yang sangat kecil.
Selain itu, masuknya sesuatu ke dalam perut dari Inhaler tidak bisa dipastikan, namun masih diragukan. Maka hukum asalnya masih berlaku, yaitu tetapnya puasa dan sahnya puasa tersebut. Karena sesuatu yang yakin tidak bisa hilang dengan keraguan.
Bahwa hal ini tidak menyerupai makan dan minum, akan tetapi menyerupai pengambilan darah untuk diperiksa dan suntikan yang bukan untuk pengganti makanan (infus).
Para dokter telah menyebutkan bahwa siwak mengandung delapan unsur kimiawi. Sedangkan siwak secara mutlak dibolehkan bagi orang yang berpuasa, menurut pendapat yang kuat. Dan tidak ragu lagi bahwa dari siwak ini pasti akan ada sesuatu yang turun menuju perut. Maka turunnya cairan obat semprot sama seperti turunnya bekas dari siwak itu.
Pendapat kedua:

Seorang yang berpuasa tidak boleh menggunakannya. Jika dia butuh kepadanya, maka dia bisa menggunakannya dan mengqodho puasanya.

Mereka berdalil bahwa kandungan obat semprot ini akan sampai kepada perut melalui jalan mulut. Oleh karena itu, hal ini membatalkan puasa.

Jawaban atas argumentasi ini, bahwa jika memang hal itu akan masuk turun ke dalam perut, maka sesungguhnya yang turun itu adalah sangat sedikit sekali, sehingga bisa disamakan hukumnya dengan bekas kumur-kumur yang telah kami sebutkan. Maka pendapat yang kuat adalah pendapat yang pertama.

PEMBATAL KEDUA

Tablet yang diletakkan (dikemam) di bawah lidah (sublingual)

Maksudnya, tablet yang diletakkan di bawah lidah untuk mengobati sebagian serangan penyakit jantung. Obat ini langsung diserap dan dibawa oleh aliran darah menuju jantung sehingga berhentilah serangan jantung yang mendadak itu.

Hukumnya adalah boleh, karena tidak ada sesuatu pun darinya yang masuk ke dalam rongga perut, akan tetapi hanya diserap di dalam mulut. Dengan demikian, maka ia tidak termasuk yang membatalkan puasa.

PEMBATAL KETIGA

Endoscopy

Yaitu sebuah peralatan medis yang dimasukkan melalui mulut, kemudian ke faring, kerongkongan dan perut.

Fungsi peralatan ini, memotret keadaan lambung, apakah ada luka atau untuk mengambil sebagian dari bagian lambung untuk diperiksa, atau untuk kegunaan medis lainnya.

Para ulama terdahulu telah membicarakan permasalahan yang serupa dengan ini. Yaitu dalam permasalahan: jika masuk sesuatu ke dalam perut selain makanan; seperti kerikil, potongan besi atau semacamnya. Sedangkan endoscopy ini termasuk yang semacam itu. Apakah membatalkan puasa?

Mayoritas (jumhur) ulama berpendapat bahwa hal itu membatalkan puasa. Segala sesuatu yang masuk ke dalam perut membatalkan puasa. Kecuali kalangan madzhab Hanafiyah, mereka mensyaratkan menetapnya barang yang masuk ke dalam perut itu sehingga dihukumi membatalkan puasa. Namun ulama lain tidak mensyaratkan demikian.

Mereka berdalil, bahwa Nabi – shollallohu ‘alaihi wa sallam ­­– memerintahkan untuk menghindari celak (bagi orang yang berpuasa –pent).

Dengan demikian, jumhur ulama berpendapat bahwa endoscopy membatalkan puasa, sedangkan menurut pendapat madzhab Hanafiyah, tidak membatalkan puasa, karena alat ini tidak menetap (dalam perut –pent).

Pendapat kedua, bahwa puasa tidak batal dengan sebab masuknya benda-benda yang tidak memberikan asupan makanan, seperti jika memasukkan besi atau kerikil. Ini adalah pendapat pilihan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah – rohimahulloh – dan juga pendapat sebagian kalangan madzhab Malikiyah dan al-Hasan ibnu Shalih.

Karena hal itu telah ditunjukkan oleh al-Kitab dan as-Sunnah, bahwa yang membatalkan puasa adalah yang berupa asupan makanan. Adapun hadits celak yang mana Nabi – shollallohu ‘alaihi wa sallam – memerintahkan agar dijauhi, adalah hadits yang lemah.

Oleh karena itu, secara dzahir endoscopy tidak membatalkan puasa. Akan tetapi dikecualikan darinya, jika dokter meletakkan pada alat endoscopy ini zat lemak untuk memudahkan masuknya alat ini ke dalam perut, maka ini membatalkan puasa.

PEMBATAL KEEMPAT

Obat tetes (hidung)

Yaitu yang digunakan melalui jalan hidung, apakah membatalkan puasa?

Para ulama kontemporer memiliki dua pendapat.

Pendapat pertama: Membatalkan puasa, ini pendapat Syaikh Ibnu Baz dan Ibnu Utsaimin – rohimahumalloh -.

Mereka berdalil dengan hadits Laqith bin Shobroh, yang diriwayatkan secara marfu’ (disandarkan kepada Nabi – shollallohu ‘alaihi wa sallam -),

وبالغ في الاستنشاق إلا أن تكون صائماًَ

“Berlebih-lebihanlah dalam istinsyaq (menghirup air lewat hidung ketika wudhu) kecuali jika kamu berpuasa.”

Maka ini dalil bahwa hidung adalah saluran yang terhubung ke perut. Jika demikian, maka menggunakan obat tetes (hidung) dilarang oleh Nabi – shollallohu ‘alaihi wa sallam -.

Selain itu, larang Nabi – shollallohu ‘alaihi wa sallam – dari berlebih-lebihan dalam istinsyaq mengandung larangan memasukkan segala sesuatu melalui jalur hidung, meskipun sedikit. Karena sesuatu yang masuk ketika berlebih-lebihan (dalam istinsyaq) adalah sesuatu yang sedikit.

Pendapat kedua: tidak membatalkan. Mereka berdalil dengan analogi terhadap apa yang tersisa dari kumur-kumur, sebagaimana telah lalu penjelasannya. Dan yang sampai ke dalam perut dari obat tetes ini sangatlah sedikit.Satu tetes hanyalah 0,06 cm3.Kemudian satu tetes ini akan masuk ke hidung, dan tidak akan sampai ke perut kecuali jumlah yang sangat sedikit, sehingga dimaafkan.

Selain itu, hukum asal adalah sahnya puasa, sedangkan keberadaan barang ini sebagai pembatal puasa masih diragukan. Maka pada asalnya, puasanya itu masih berlaku. Karena yang yakin tidak bisa dihilangkan dengan keraguan.

Dan dua pendapat ini, masing-masing memiliki sisi kuatnya.

PEMBATAL KELIMA

Nasal Spray (Semprot Hidung)

Pembahasan tentang hal ini sama dengan pembahasan tentang obat ventolin inhaler, maka hal ini tidak membatalkan puasa.

PEMBATAL KEENAM

Anestesi (pembiusan)

Dan anestesi ini ada beberapa macam:

Pertama: Anestesi lokal melalui jalur hidung.

Yaitu, seorang pasien mencium suatu zat yang berupa gas, yang bisa mempengaruhi syarafnya, sehingga terjadilah anestesi. Maka ini tidak membatalkan puasa, karena masuknya benda gas melalui hidung bukan merupakan suatu pelanggaran, dan tidak pula membawa asupan makanan.

Kedua: Akupuntur Anestesi

Anestesi yang dinisbatkan ke negri Cina.

Yaitu, dengan memasukkan jarum kering ke pusat syaraf perasa yang ada di bawah kulit sehingga akan menghasilkan semacam kelenjar untuk melakukan sekresi terhadap morfin alami yang ada dalam tubuh. Dengan itu, si pasien akan kehilangan kemampuan untuk merasa.

Hal ini tidak mempengaruhi puasa selama anestesi ini terjadi pada tempat tertentu (anestesi lokal) bukan secara menyeluruh (total). Juga karena benda itu tidak masuk ke dalam perut.

Ketiga: Anastesi lokal dengan suntikan.

Yaitu dengan memberikan suntikan pada pembuluh darah dengan obat yang bereaksi cepat. Yang bisa menutupi pikiran pasien hanya dalam hitungan detik.

Maka selama ini adalah pembiusan lokal, bukan total, maka tidak membatalkan puasa. Selain itu, juga karena ia tidak masuk ke dalam perut.

Keempat: Anestesi Total

Para ulama telah berselisih tentang hal ini. Dan para ulama terdahulu telah membicarakan permasalahan orang yang pingsan (tidak sadar), apakah puasanya sah?

Dan hal ini tidak terlepas dari dua keadaan.

Pertama:

Seseorang yang pingsan sepanjang waktu siang, dia tidak sadar sedikitpun dari waktu siang. Maka jumhur ulama berpendapat tidak sahnya puasa orang tersebut.

Dalilnya, sabda Nabi – shollallohu ‘alaihi wa sallam – dalam Hadits Qudsi,

“Dia meninggalkan makan dan minumnya karena Aku.”

Dia menyandarkan perbuatan menahan diri (dari makan dan minum itu) kepada orang yang berpuasa. Sedangkan orang yang pingsan tidak tepat dikatakan seperti itu.

Kedua:

Seorang yang pingsan tidak sepanjang waktu siang. Inilah yang diperselisihkan.

Dan yang benar, jika dia telah sadar pada sebagian dari waktu siang, maka puasanya sah. Inilah pendapat Ahmad dan asy-Syafi’i.Dan menurut Malik, puasanya tidak sah secara mutlak.Sedangkan menurut Abu Hanifah, jika dia siuman sebelum tergelincirnya matahari (sebelum zhuhur –pent), maka dia memperbarui niatnya dan sah puasanya.

Dan yang benar adalah pendapat Ahmad dan asy-Syafi‘i. Karena niat untuk menahan diri (puasa) terwujud meski dengan sebagian dari waktu siang. Dan tentang anestesi pun dikatakan demikian.

PEMBATAL KETUJUH

Obat tetes telinga

Maksudnya adalah obat farmasi yang diteteskan pada telinga. Apakah membatalkan puasa ataukah tidak?

Dahulu para ulama telah membicarakan suatu permasalahan, “Jika seseorang mengobati dirinya dengan air yang dia tuangkan ke dalam telinganya.”

Jumhur ulama memandang hal itu membatalkan puasa.

Hanabilah (pengikut madzhab hanbali) memandang hal itu membatalkan puasa jika sampai kepada otak.

Pendapat kedua milik Ibnu Hazm, bahwa hal itu tidak membatalkan puasa. Alasannya, karena apa yang diteteskan di telinga tidak akan sampai ke otak, namun hanya akan sampai kepada pori.

Dan kedokteran modern telah menjelaskan bahwa tidak ada saluran antara telinga dan otak yang bisa menghantarkan benda cair kecuali pada satu keadaan, yaitu jika terjadi kerusakan (celah) pada gendang telinga. Berdasarkan hal ini, maka yang benar adalah bahwa obat tetes telinga tidak membatalkan puasa.

Permasalahan: Jika ada celah pada gendang telinga (?)

Maka ketika itu pengobatan melalui jalur telinga hukumnya sama dengan pengobatan melalui jalur hidung. Dan ini telah berlalu penjelasannya.

PEMBATAL KEDELAPAN

Pencuci telinga

Ini hukumnya sama dengan hukum obat tetes telinga. Hanya saja para ulama mengatakan, jika terjadi kerusakan pada gendang telinga, maka jumlah yang akan masuk ke dalam telinga akan menjadi banyak. Maka jadilah hal itu membatalkan puasa.

Jika demikian, maka pencuci telinga diperinci menjadi dua keadaan:

Jika gendang telinga masih ada, maka tidak membatalkan puasa.
Jika ada celah pada gendang telinga, maka membatalkan puasa, karena cairan yang mengalir masuk menjadi banyak.
PEMBATAL KESEMBILAN

Obat tetes mata

Hal ini diperselisihkan oleh para ulama. Dan perselisihan ini dibangun atas perselisihan yang telah lama, yaitu tentang celak, apakah membatalkan puasa ataukah tidak?

Pendapat pertama:

Tidak membatalkan puasa. Ini pendapatnya kalangan madzhab Hanafiyah dan Syafi’iyah. Mereka berdalil dengan tidak adanya jalan antara mata dengan perut. Jika memang demikian, maka tidak membatalkan puasa.

Pendapat kedua:

Pendapat kalangan madzhab Malikiyah dan Hanabilah. Bahwa celak membatalkan puasa. Pendapat ini dibangun atas pendapat yang menyatakan bahwa ada jalan antara mata dengan perut.

Oleh karena itulah, para ulama belakangan berselisih pendapat tentang obat tetes mata ini.

Pendapat pertama:

Bahwa obat tetes mata tidak membatalkan puasa. Ini pendapat Ibnu Baz dan Ibnu Utsaimin – rohimahumalloh – dan para ulama yang lain.

Mereka berdalil bahwa satu tetes obat mata ini = 0,06 sentimeter kubik. Dan ukuran ini tidak akan sampai ke dalam perut. Karena tetesan ini dalam perjalanannya melewati saluran air mata akan diserap seluruhnya dan tidak akan sampai pada tenggorokan. Jika kita katakan akan ada yang masuk ke dalam perut, maka itu adalah sangat sedikit sekali. Dan sesuatu yang sangat sedikit bisa dimaafkan. Sebagaimana dimaafkannya air yang tersisa dari kumur-kumur. Demikian juga, obat tetes ini bukanlah perkara yang ada nashnya, dan tidak pula yang semakna dengan perkara yang ada nashnya.

Pendapat kedua:

Obat tetes mata membatalkan puasa, karena dianalogikan kepada celak.

Dan yang benar, bahwa obat tetes mata tidak membatalkan puasa. Meskipun ilmu kedokteran telah menetapkan bahwa ada sambungan antara mata dan perut, akan tetapi kita katakan bahwa tetesan ini akan diserap ketika melewati saluran air mata, sehingga tidak akan sampai sedikit pun darinya ke tenggorokan. Dan tentunya tidak akan sampai kepada perut. Jika pun sampai ke perut, maka itu adalah jumlah yang sangat sedikit sekali yang bisa dimaafkan sebagaimana dimaafkannya air yang tersisa dari kumur-kumur.

Adapun analogi terhadap celak, maka tidak bisa dibenarkan:

Karena celak sendiri belum jelas apakah membatalkan puasa, sedangkan hadits yang ada tentangnya adalah hadits yang dhoif (lemah).
Karena itu adalah analogi terhadap sesuatu perkara yang masih diperselisihkan.
Dan karena dalil-dalil yang telah disebutkan pada pendapat yang pertama.
PEMBATAL KESEPULUH

Suntikan pengobatan

Ini terbagi menjadi beberapa jenis:

Suntikan pada kulit.
Suntikan pada otot.
Suntikan pada pembuluh darah.
Adapun suntikan (injeksi) pada kulit atau otot, yang bukan untuk memberikan asupan nutrisi, maka tidak membatalkan puasa menurut para ulama kontemporer. Hal itu telah dinyatakan oleh Ibnu Baz dan Ibnu Utsaimin – rohimahumalloh. Dalilnya, bahwa hukum asalnya adalah sahnya puasa sampai ada dalil yang menunjukkan batalnya. Selain itu, injeksi ini bukanlah makanan, minuman ataupun yang semakna dengan makanan dan minuman.

Adapun injeksi pada pembuluh darah sebagai pemberian asupan nutrisi, maka inilah yang diperselisihkan.

Pendapat pertama:

Membatalkan puasa. Inilah pendapat Syaikh as-Sa’di, Ibnu Baz, Ibnu Utsaimin – rohimahulloh – dan juga pendapat Majma’ al-Fiqhi al-Islami. Dalilnya, karena suntikan jenis ini semakna dengan makanan dan minuman. Karena orang yang mendapatinya tidak lagi butuh kepada makan dan minum.

Pendapat kedua:

Tidak membatalkan puasa. Karena tidak ada sesuatu pun darinya yang sampai kepada perut dari jalan masuk yang normal. Dan jika dianggap ada yang sampai kepadanya, maka dia sampai dari jalan pori-pori, sedangkan ini bukanlah perut bukan pula yang memiliki hukum seperti perut.

Pendapat yang lebih dekat (kepada kebenaran), bahwa hal ini membatalkan puasa. Karena yang menjadi illah (sebab) bukanlah sampainya ke perut, akan tetapi yang menjadi illah adalah sampainya pemberian nutrisi kepada badan. Dan hal ini terwujud dengan suntikan ini.

Pemasalahan: jarum suntikan yang digunakan oleh penderita gula tidak membatalkan puasa.

PEMBATAL KESEBELAS

Minyak, salep dan koyo (terapi pengobatan dengan sesuatu yang ditempel)

Kulit pada bagian bawahnya terdapat pembuluh darah yang akan menyerap segala sesuatu yang diletakkan padanya, melalui kapiler. Dan penyerapan ini sangat lambat sekali.

Berdasarkan hal ini, apakah sesuatu yang diletakkan pada kulit bisa membatalkan puasa?

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah – rohimahulloh – telah membicarakannya, dan dia berkata, tidak membatalkannya. Ini juga pendapat Majma’ al-Fiqhi al-Islami.

Bahkan sebagian mereka telah menghikayatkan adanya ijma’ (konsensus) ulama-ulama kontemporer atas hal tersebut.

PEMBATAL KEDUA BELAS

Arteri kateterisasi

Yaitu suatu tabung (pipa) halus yang masuk melalui arteri dengan tujuan untuk pengobatan atau pengambilan gambar.

Majma’ al-Fiqhi al-Islami berpendapat bahwa hal ini tidak membatalkan puasa, karena bukan makanan atau minuman, dan bukan pula sesuatu yang semakna dengan keduanya, juga karena ia tidak masuk ke dalam perut.

PEMBATAL KETIGA BELAS

Dialisis (Cuci Darah)

Ini ada dua cara:

Pertama:

Dengan perantaraan alat yang disebut mesin dialiser (yang berfungsi sebagai ginjal buatan –pent), dimana darah dipompa menuju alat ini yang kemudian alat ini mencuci darah itu dari berbagai zat berbahaya, kemudian kembali ke dalam tubuh melalui pembuluh vena.

Dan dalam perjalanan proses ini, mungkin perlu diberikan makanan cair melalui pembuluh darah.

Kedua:

Melalui membran peritoneum (selaput rongga perut) di perut.

Yaitu dengan memasukkan pipa kecil ke dalam dinding perut di atas pusar, kemudian biasanya dimasukkan dua liter cairan yang mengandung gula glukosa berkadar tinggi ke dalam perut, dan dibiarkan di dalam perut selama beberapa waktu, kemudian ditarik kembali dan diulangi proses ini beberapa kali dalam satu hari.

Para ulama kontemporer berselisih pendapat tentangnya, apakah membatalkan puasa atukah tidak?

Pendapat pertama:

Membatalkan puasa. Ini pendapat Ibnu Baz – rohimahulloh – dan al-Lajnah ad-Daimah.

Dalil mereka, bahwa dialisis akan menggantikan darah dengan darah yang segar, dan juga akan memberikan zat makanan lain. Sehingga terkumpullah dua pembatal puasa.

Pendapat kedua:

Tidak membatalkan puasa.

Mereka berdalil bahwa hal ini bukan perkara yang telah di-nash-kan dan bukan pula yang semakna dengan perkara yang telah ada nashnya.

Pendapat yang lebih dekat (kepada kebenaran) adalah yang menyatakan bahwa hal itu membatalkan puasa.

Permasalahan: jika telah terjadi pencucian darah saja, maka tidak membatalkan puasa. Akan tetapi yang terjadi pada dialisis adalah adanya penambahan sebagian zat makanan, garam-garaman, dan selainnya.

PEMBATAL KEEMPAT BELAS

Supositoria (obat dari zat semi padat) yang digunakan melalui kemaluan wanita

Misalnya: Vagina lotion.

Apakah membatalkan puasa ataukah tidak?

Para ulama terdahulu dan sekarang telah berbicara tentangnya:

Menurut kalangan madzhab Malikiyah dan Hanabilah, bahwa jika seorang wanita meneteskan suatu cairan pada kemaluannya, maka dia tidak batal puasanya.

Mereka beralasan, karena tidak ada hubungan antara kemaluan wanita dengan perut.

Pendapat kedua adalah pendapatnya madzhab Hanafiyah dan Syafi’iyah, bahwa wanita itu berbuka karena sebab itu.

Alasan mereka, karena ada hubungan antara kemaluan wanita dan perut.

Kedokteran modern menjelaskan, bahwa tidak ada jalan (saluran) antara alat reproduksi wanita dengan perut wanita. Berdasarkan hal ini, maka dia tidak berbuka dengan sebab hal ini.

PEMBATAL KELIMA BELAS

Supositoria (obat dari zat semi padat) yang digunakan melalui dubur

Digunakan untuk berbagai tujuan medis; (seperti) untuk meringankan panas dan meringankan sakit wasir.

Misalnya adalah enema (prosedur pemasukan cairan ke dalam kolon melalui anus)

Pertama: Enema (Pencahar)

Para ulama terdahulu telah berbicara tentangnya:

Para imam yang empat berpendapat bahwa hal ini membatalkan puasa, karena adanya saluran hubungan dengan perut.

Pendapat kedua adalah pendapat Zhahiriyah dan pilihan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Bahwa hal ini tidak membatalkan puasa, karena hal ini sama sekali tidak memberikan nutrisi makanan, akan tetapi bahkan mengosongkan apa yang ada pada badan, sebagaimana seseorang yang mencium sesuatu pencahar.

Juga karena cairan ini tidak sampai ke perut.

Adapun para ulama kontemporer, mereka membangun perselisihan pendapat ini di atas perselisihan pendapat yang telah lalu.

Lalu, apakah di sana ada hubungan antara anus dan perut?!

Ulama yang berpendapat membatalkan puasa, mengatakan adanya hubungan. Lubang dubur memiliki hubungan dengan rektum. Dan rektum terhubung dengan kolon (usus besar). Sedangkan penyerapan makanan terjadi pada usus kecil. Dan mungkin terjadi penyerapan sebagian unsur garam dan gula pada usus besar.

Adapun jika yang diserap bukan zat-zat makanan, seperti obat-obatan, maka tidak membatalkan puasa. Hal itu karena tidak mengandung nutrisi makanan ataupun air.

Perincian ini lebih dekat kepada kebenaran.

Kedua: supositori yang melalui jalan dubur, ada dua pendapat.

Tidak membatalkan puasa. Inilah pendapat Ibnu Utsaimin – rohimahulloh – karena hanya mengandung unsur-unsur obat, dan tidak mengandung cairan nutrisi. Maka hal ini bukanlah makanan atau minuman, dan bukan pula yang semakna dengan keduanya.

Inilah pendapat yang benar.

PEMBATAL KEENAM BELAS

Anascope (Alat untuk melihat bagian dalam dubur)

Seorang dokter terkadang memasukkan anascope ke dalam lubang anus untuk mengetahui keadaan usus. Penjelasan tentang ini sama dengan penjelasan tentang endoscopy.

PEMBATAL KETUJUH BELAS

Sesuatu yang dimasukkan melalui saluran kemaluan laki-laki berupa alat untuk melihat, lotion ataupun obat

Apakah hal ini membatalkan puasa?!

Pada zaman lalu para ulama telah membicarakannya:

Pendapat pertama, pendapat kalangan madzhab Hanafiyah, Malikiyah dan Hanabilah:

Penyulingan dalam uretra tidak membatalkan puasa, meskipun sampai pada kandung kemih.

Mereka berdalil, bahwa tidak ada jalan penghubung antara bagian dalam kemaluan laki-laki dengan perut.

Pendapat kedua, pendapat yang dianggap benar menurut kalangan Syafi’iyah:

Bahwa hal itu membatalkan puasa, karena adanya jalan penghubung antara kandung kemih dan perut.

Dan dalam dunia kedokteran modern: Tidak ada hubungan sama sekali antara saluran kemih dan sistem pencernaan. Berdasarkan hal ini, maka tidak membatalkan puasa.

PEMBATAL KEDELAPAN BELAS

Donor darah

Permasalahan ini dibangun di atas permasalahan hijamah (bekam).

Pendapat yang masyhur menurut madzhab (hambali), bahwa berbekam membatalkan puasa. Ini pendapat yang dipilih Ibnu Taimiyah – rohimahulloh.

Sedangkan jumhur ulama berpendapat tidak membatalkan puasa.

Dan pendapat yang lebih kuat, bahwa berbekam membatalkan puasa.

Berdasarkan hal ini, maka seseorang (yang berpuasa –pent) tidak boleh melakukan donor darah kecuali karena darurat.

PEMBATAL KESEMBILAN BELAS

Pengambilan sedikit darah untuk analisis lab

Ini tidak membatalkan puasa, karena tidak semakna dengan bekam. Karena bekam akan melemahkan badan.

PEMBATAL KEDUA PULUH

Pasta gigi (Odol)

Tidak membatalkan puasa. Karena mulut berada pada hukum anggota badan yang zhohir. Akan tetapi, yang lebih utama bagi orang yang berpuasa tidak menggunakannya kecuali setelah berbuka puasa. Karena pasta gigi memiliki kemampuan yang kuat untuk masuk. Dan cukuplah seseorang dengan menggunakan siwak atau dengan sikat tanpa pasta gigi.